Tingkatan Jurnal Sinta

Tingkatan Jurnal Sinta

Jurnal sinta memiliki tingkatan atau kategori jurnal yang mencerminkan kualitas dan relevansi dari publikasi jurnal ilmiah tersebut.

Mengapa penting mengetahui tingkatan jurnal sinta? Tingkatan jurnal sinta sekarang menjadi acuan dalam menilai kualitas sebuah jurnal ilmiah, yang tentunya mempengaruhi reputasi peneliti, lembaga pendidikan, dan institusi penelitian.

Dengan mengetahui tingkatan jurnal sinta, peneliti dan pembaca dapat memilih jurnal yang tepat untuk publikasi atau referensi dalam penelitian mereka.

Nah, dalam artikel ini, kami akan memberikanmu informasi tentang tingkatan jurnal SINTA.

penasaran seperti apa pembahasannya? simak sampai habis artikel ini.

Pengertian Sinta

Sebelum masuk kedalam inti pembahasan, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu tentang pengertian jurnal sinta

Sinta merupakan kepanjangan dari Science and Technology Index, sinta adalah sebuah laman atau database yang kini dikelola oleh Kemendikbud Ristek, yang mana laman atau database jurnal ini menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi.

6 Tingkatan Jurnal Sinta Yang Wajib Dosen & Mahasiswa Ketahui!

Tingkatan Jurnal Sinta

Nah, perlu kamu ketahui nahwa ada 6 kategori pada tingkatan jurnal sinta. Yaitu sinta 1, sinta 2, sinta 3, sinta 4, sinta 5 dan sinta 6.

Pembagian kategori ini berdasarkan dari peringkat akreditasi sebuah jurnal.

Akreditasi sebuah jurnal sendiri sudah diatur dalam peraturan Kemenristek Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 mengenai Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Nah, berdasarkan peraturan tersebut, tingkatan jurnal Sinta dibagi menjadi 6.

Adapun pembagiannya sebagai berikut :

  • Jurnal Sinta 1 dengan nilai (n) mulai dari 85 ≤ hingga 100≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 1 (S1)
  • Jurnal Sinta 2 dengan nilai (n) mulai dari 70 ≤ hingga 85 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 2 (S2)
  • Jurnal Sinta 3 dengan nilai (n) mulai dari 60 ≤ hingga 70 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 3 (S3)
  • Jurnal Sinta 4 dengan nilai (n) mulai dari 50 ≤ hingga 60 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 4 (S4)
  • Jurnal Sinta 5 dengan nilai (n) mulai dari 40 ≤ hingga 50 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 5 (S5)
  • Jurnal Sinta 6 dengan nilai (n) mulai dari 30 ≤ hingga 40 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 5 (S5)

Nah, setelah mengetahui semua ini, mungkin kamu akan langsung faham mengenai perbedaan dari tingkatan jurnal Sinta 1, 2, 3, 4, 5 & 6 ini bisa langsung terlihat dari berapa nilai akreditasinya.

Dan yang paling tinggi adalah Sinta 1, dan yang paling rendah adalah Sinta 6.

Publikasi Jurnal Sinta Yang Mudah Terbit (Bulan Ini)

Biaya Publikasi Jurnal Sinta

Publikasi sinta jurnal ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh para Mahasiswa, dosen atau para akademisi lainnya. Kebutuhannya bisa untuk syarat kelulusan S1, S2, dan S3 atau Angka Kredit Pengajuan Jabatan Fungsional (Jafung).

Mengingat, bahwa saat ini sangat jarang sekali SINTA yang bisa terbit dengan cepat.

Hal ini karena sinta jurnal terbit secara berkala, mulai dari 3 Bulan sekali, 6 Bulan Sekali dan bahkan 1 tahun sekali.

Untuk publikasi sinta 2 jurnal sendiri, ada yang gratis dan adapula yang berbayar.

Jika kamu memilih yang gratis, maka kamu harus melewati seluruh prosesi review jurnal yang cukup ketat. Hanya artikel yang benar-benar berkualitas saja yang bisa terbit. Dan juga tidak ada yang mendampingimu.

Selepas di terima, kamu juga harus menunggu sekitar 3-6 bulan bahkan 1 tahun untuk penerbitan naskah tersebut.

Nah, jika kamu menginginkan publikasi SINTA jurnal yang mudah diterima dan cepat terbit, maka kamu bisa menggunakan jasa penampingan dari kami.

Kami siap mendampingi naskah jurnalmu sampai benar-benar bisa cepat terbit di jurnal yang kamu impikan.

Dengan adanya kami, memiliki naskah jurnal yang terindeks di sinta jurnal, bisa dengan mudah terealisasikan.

Tapi perlu di ingat, kami hanya menyediakan jasa pendampingan publikasi untuk 20 naskah saja untuk setiap bulannya. Dan saat ini, hanya tersisa 4 naskah saja.

Mau konsultasi publikasi jurnal? Klik whatsapp dibawah!

Benefit yang Anda Peroleh Jika Publikasi Jurnal Sinta Bersama International Journal Labs

Pelayanan pendampingan/asistensi maupun penerbitan jurnal yang terakreditasi Dikti/Sinta, tersedia untuk seluruh rumpun ilmu.

Benefit yang Anda Peroleh:

  • Link Journal
  • Review
  • Mendeley
  • Cek Turnitin
  • Proofreading
  • Revisi Minor
  • LoA
  • Sertifikat Publish
  • Jaminan Terbit 100%

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja informasi yang bisa kami berikan seputar tingkatan jurnal sinta, semoga dengan adanya tingkatan jurnal sinta bisa berguna dan bermanfaat.

Terimakasih


FAQ

jurnal Sinta 4 itu apa?

Tingkatan paling bawah adalah SINTA 4. Jurnal-jurnal dengan tingkat akreditasi ini telah melalui proses evaluasi dan memenuhi standar tertentu. Meskipun tidak seprestisius SINTA 1, 2, atau 3, jurnal-jurnal ini masih diakui sebagai jurnal ilmiah yang viable dan berkualitas.n Jurnal Sinta 1 Dan 2?

Paling Bagus Sinta Berapa?


Sinta memiliki 6 rangking katagori untuk mempertegas seberapa bagus kualitas jurnal yang berhasil terdata, yang terdiri dari S1, S2, S3, S4, S5, dan S6. Akreditasi Sinta 1 (S1) merupakan rangking paling tinggi dalam katagori akreditasi jurnal Sinta, semakin tinggi rangking jurnal Sinta maka semakin bagus kualitasnya

Apa perbedaan jurnal Sinta 1 dan 2?

rangking Jurnal Sinta 1 dengan nilai (n) mulai dari 85 ≤ hingga 100≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 1 (S1) Tingkatan Jurnal Sinta 2 dengan nilai (n) mulai dari 70 ≤ hingga 85 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 2 (S2)