Submit Jurnal Sinta Gratis

Submit Jurnal Sinta Gratis

Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang bagaimana cara submit jurnal sinta gratis, maka ini artikel yang tepat untukmu! Klik dan temukan jawabannya!

Berikut Cara Submit Jurnal Sinta Gratis Yang Bisa Kamu Coba!

Cara Submit Jurnal Sinta Gratis

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu sebuah tutorial mengenai bagaimana cara submit jurnal sinta gratis dengan mudah dan cepat.

Pastikan kamu memperhatikan setiap langkah-langkahnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Yuk kita simak!

  • Langkah pertama, silahkan lakukan registrasi akun terlebih dahulu di situs Sinta
  • Nah, untuk registrasi akun, kamu bisa langsung kunjungi portal resmi sinta atau klik https://sinta.kemdikbud.go.id/
  • Setelah itu, kamu bisa isi formulir data diri yang diminta. Seperti contoh nama, email, NIDI (bagi dosen) dan lain sebagainya
  • Di sini, silahkan masukkan juga ID Google Scholar yang sudah terhubung dengan masing-masing institusi
  • Untuk pengisian nama perguruan tinggi dan alamat email, kamu diharuskan untuk mengisi secara resmi dan juga yang masih aktif
  • Setelah terisi semua, jangan lupa untuk mengeceknya kembali barangkali ada yang typo atau kesalahan penulisan. Karena itu nanti akan mengganggu proses verifikasi
  • Langkah terakhir, silahkan klik Ok/Next/Sign Up dan tunggu beberapa saat sampai kamu menerima notifikasi akan verifikasi akun Sinta kamu.

Nah, biasanya proses pemeriksaan verifikasi ini melalui beberapa tahapan pemeriksaan seperti pemeriksaan NIDN, Naskah Google Scholar, Nama dan validasi melalui email.

Itulah alasan kami mengapa kamu harus crosscheck data diri kamu sebelum klik daftar. Pastikan kamu sudah mengisinya secara lengkap yah!

Jika semua tahapan tersebut lolos, maka akun mu akan berubah menjadi Verified.

Nah, wajib kamu ketahui bahwa ID pada Google Scholar yang sudah kamu input tadi tidak bisa diubah lagi. Data tersebut hanya bisa diubah oleh Tim dari Sinta saja, jadi kamu tidak bisa mengubahnya secara sepihak.

Jika terpaksa harus diubah, maka kamu harus melakukan pengajuan terlebih dahulu.

Setelah melalui tahapan Submit Jurnal Sinta Gratis tersebut, selanjutnya adalah tahapan singkronisasi. Tahapan ini akan melewati proses terkait pemindahan publikasi yang sebelumnya sudah tervalidasi oleh Google Scholar.

Berikut penjabarannya :

  • Tahapan ini akan membuat semua jurnal yang sebelumnya sudah terindeks di Google Scholar, akan tersingkronisasi dengan Sinta (jika jurnal tersebut terindeks Sinta)
  • Selanjutnya, kamu akan mendapatkan poin dan nama yang muncul di daftar Afiliasi setiap masing-masing instansi
  • Pada bagian ini, proses pendaftaran sudah berhasil dan kamu bisa melanjutkan ke tahapan indeks
  • Untuk index jurnal Sinta sendiri, kamu harus melalui beberapa tahapan
  • Yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan melalui portal Arjuna
  • Isi semua formulir evaluasi diri. Sebelum ini, kamu harus mempelajari terlebih dahulu tentang aturan akreditasi berdasarkan Akreditasi Peraturan Dirjen Dikti tahun 2014

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan submit jurnal sinta gratis agar lebih cepat terindeks :

  • Jika nilai tersebut berjumlah 70-85, maka ini artinya kamu akan mendapatkan akreditasi B dan dimasukkan dalam tingkatan Sinta 2
  • Nah, untuk nilai A sendiri hanya bisa didapat jika evaluasi nilai tersebut mendapatkan jumlah diatas 85 dan akan dimasukkan dalam tingkatan Sinta 1
  • Pastikan kamu sudah mempersiapkan dan memenuhi semua aturan yang sudah tertulis dalam peraturan Sinta. Karena, submit jurnal sinta ini bisa saja menurunkan 4 asesor dari Kemenristekdikti
  • Jika kamu belum yakin dengan jurnal milikmu sendiri, maka kamu diberikan kesempatan untuk evaluasi jurnal terlebih dahulu sebelum diunggah
  • Biasanya, tahapan ini dilakukan oleh 2 evaluator jurnal yang diambil berdasarkan Subdit Fasilitas Jurnal Ilmiah

Penawaran Eksklusif Terkait Pendampingan Publikasi Jurnal Sinta [Fast Track]

Submit Jurnal Sinta Gratis ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh para Mahasiswa, dosen atau para akademisi lainnya. Kebutuhannya bisa untuk syarat kelulusan S1, S2, dan S3 atau Angka Kredit Pengajuan Jabatan Fungsional (Jafung).

Mengingat, bahwa saat ini sangat jarang sekali Jurnal Sinta yang bisa terbit dengan cepat.

Hal ini karena Jurnal terbit secara berkala, mulai dari 3 Bulan sekali, 6 Bulan Sekali dan bahkan 1 tahun sekali.

Untuk publikasi jurnal Sinta sendiri, ada yang gratis dan adapula yang berbayar.

Jika kamu memilih yang gratis, maka kamu harus melewati seluruh prosesi review jurnal yang cukup ketat. Hanya artikel yang benar-benar berkualitas saja yang bisa terbit. Dan juga tidak ada yang mendampingimu.

Selepas di terima, kamu juga harus menunggu sekitar 3-6 bulan bahkan 1 tahun untuk penerbitan naskah tersebut.

Nah, jika kamu menginginkan publikasi Jurnal yang mudah diterima dan cepat terbit, maka kamu bisa menggunakan jasa penampingan dari kami.

Kami siap mendampingi naskah jurnalmu sampai benar-benar bisa cepat terbit di jurnal yang kamu impikan.

Dengan adanya kami, memiliki naskah jurnal yang terindeks di Sinta, bisa dengan mudah terealisasikan.

Tapi perlu di ingat, kami hanya menyediakan jasa pendampingan publikasi untuk 20 naskah saja untuk setiap bulannya. Dan saat ini, hanya tersisa 4 naskah saja.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal Sinta, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, cukup sekian saja pembahasan yang bisa kami sampaikan terkait bagaimana cara submit jurnal sinta gratis yang bisa kamu coba!

Oh iya, jika kamu memiliki pertanyaan seputar dunia publikasi jurnal, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Secepat mungkin, kami akan menjawabnya.

Terimakasih!


FAQ

Bagaimana Memasukkan Jurnal Ke Sinta?

Nah, untuk langkah-langkahnya sendiri, bisa kamu baca di artikel ini

Apakah Upload Jurnal Sinta Berbayar?

Ada yang gratis, dan adapula yang berbayar

Apa Perbedaan Jurnal Sinta 1 Dan 2?

Perbedaan di nilai dan juga kum-nya. Semakin kecil angka Sinta-nya, maka semakin besar nilai dan kum-nya