Format Penulisan Jurnal Scopus

Bagi kamu yang sedang mencari informasi seputar format penulisan jurnal scopus, bisa simak artikel ini sampai habis, karena pada artikel kali ini kami akan memberikanmu informasi terkait format penulisan jurnal scopus.

Penasaran seperti apa pembahasannya? simak sampai habis artikel ini.

Perlu kamu ketahui bahwasannya dalam sistematika penulisan jurnal, penulis harus dan wajib mengetahui tentang target jurnal yang sedang ia tulis. Target jurnal yang kami maksud di sini adalah ruang lingkup jurnal, fitur aksebilitas, jurnal target hingga jenis-jenis artikel yang dibutuhkan.

Tak hanya itu saja, penulis juga harus mengetahui dengan betul tentang format penulisan jurnal Scopus yang sedang ia tulis.

Seperti contoh menyiapkan paper dan menyusun manuscrip.

Jika kita menulis sebuah jurnal dari web, maka format penulisannya cukup berbeda saat menulis dari buku. Penulisan sebuah jurnal harus disusun dan disiapkan dengan baik terlebih lagi saat dalam penulisan abstrak dan penyusunan manuscript.

“Penulisan abstrak harus diselesaikan dengan baik agar jurnal tersebut layak digunakan,” ungkap Prof. Dr. Arif Muntasa

Format Penulisan Jurnal Scopus Yang Wajib Diketahui

Format Penulisan Jurnal Scopus Yang Wajib Diketahui

Nah, agar kita bisa membuat jurnal dengan baik, maka ada beberapa bagian penting dalam jurnal yang harus kita amati. Nah, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Judul Artikel

Judul artikel merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh kamu buat secara sembarangan. Judul artikel sendiri harus kamu buat secara menarik dan bersifat provokatif, tidak berupa singkatan, menggambarkan temuan, objek dan lokasi penelitian.

2. Abstrak

Abstrak sendiri merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam jurnal. Selain itu, abstrak sendiri bisa juga dikatakan merupakan intisari dari penelitian tersebut. Kenapa penting, karena pertamakali yang dibaca oleh para reviewer adalah abstrak ini.

3. Keyword

Tak hanya abstrak, keyword juga merupakan bagian yang penting yang mana harus kamu perhatikan dengan baik. Kenapa penting, karena keyword ini merepresentasikan kemata arah pembicaraan jurnal yang sedang ditulis.

4. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian awal pada jurnal yang harus dibuat dan ditulis dengan jelas.

5. Metode Penelitian

Bagian dalam format penulisan jurnal Scopus selanjutnya adalah metode penelitian. Nah, pada bagian ini, kamu harus sudah memastikan metode yang sedang kamu gunakan pada penelitian tersebut adalah metode yang sesuai.

6. Hasil Dan Pembahasan

Dalam format penulisan jurnal Scopus, hasil dan pembahasan merupakan bagian penting karena untuk mengetahui kemana arah penelitian tersebut.

7. Diskusi

Selain hasil dan pembahasan, diskusi juga merupakan bagian yang penting agar jurnal tersebut dapat mudah dipahami. Nah, oleh karena itulah diperlukannya uraian yang cukup jelas pada bagian ini.

8. Simpulan

Pada bagian penulisan simpulan ini harus benar-benar kamu perhatikan agar jurnal yang kamu buat bisa dengan mudah diserap oleh para pembaca.

9. Ucapan Terima Kasih

Nah, tak hanya simpulan saja, ucapan terimakasih juga harus kamu berikan. Biasanya, ucapan terimakasih ini berisi beberapa pihak yang turut serta dalam pembuatan jurnal tersebut.

10. Referensi

Bagian format penulisan jurnal Scopus terpenting lainnya adalah bagian referensi. Kenapa ini bisa penting, karena jurnal tersebut akan terlihat lebih terpercaya / trusted bila mencantumkan referensi yang datanya bisa dipertanggungjawabkan.

Jadi, kamu bisa menggunakan beberapa referensi dalam penulisan jurnal mu.

Layanan Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Q1, Q2, Q3 & Q4 Pasti Terbit!

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk publikasi jurnal scopus. Dan mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Internasional Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (International Journal Labs) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  • Jaminan mendapatkan ID Scopus
  • Jaminan Sertifikat
  • Jaminan terindeks Scopus
  • Jaminan Non Presentation
  • Jaminan Full Text
  • Jaminan Terbit
  • Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Kami hanya menyediakan 20 Slot untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun ini. Saat artikel ini dibuat, sampai saat ini tersisa 4 Slot terakhir.

Bagi kamu yang ingin pendampingan publikasi jurnal Scopus, segera hubungi kami sebelum kehabisan Slot! Silahkan klik gambar Whatsapp di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, demikianlah pembahasan kami terkait format penulisan jurnal Scopus yang bisa kami berikan. Semoga ini semua bisa bermanfaat dan berguna bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!


FAQ

Bagaimana Cara Memasukkan Jurnal Ke Scopus?

Sesuaikan bidang ilmu yang dituju > Manuscript jurnal yang bagus > Banyak latihan menulis artikel jurnal > Usahakan menulis artikel yang inovatif > Hindari plagiarisme

Bagaimana Melihat Jurnal Yang Terindeks Scopus?

Masuk ke situs Scopus > Masukkan Judul jurnal > jika terindeks Scopus, maka akan muncul

Apa Itu Scopus?

SCOPUS adalah layanan indeksasi dan penyedia database jurnal terbesar saat ini