Cara Menulis Jurnal Internasional

Cara Menulis Jurnal Internasional

Bagaimana cara menulis jurnal internasional dengan baik dan benar sesuai dengan strukturnya? Nah, tentunya kamu berada pada artikel yang tepat.

Mendukung perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, mempublikasikan dan menyusun berbagai hasil penelitian ke dalam jurnal, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional.

Jurnal ilmiah adalah salah satu bentuk laporan hasil penelitian nonakademik dan akademik. Tujuannya adalah untuk membuat studi dan hasilnya dapat diakses oleh lebih banyak orang sehingga dapat digunakan.

Jurnal ilmiah dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan penelitian atau pengembangan sejenis. Juga tidak diterapkan karena temuan juga mengandung solusi dan informasi.

Apa Itu Jurnal Internasional?

Cara Menulis Jurnal Internasional

Sebelum kamu memasuki cara menulis jurnal internasional, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu tentang ap aitu jurnal internasional.

Jurnal internasional adalah publikasi jurnal yang dilakukan oleh pihak internasional. Beberapa jurnal memiliki reputasi baik, dan juga ada yang tidak. Ciri utama jurnal bereputasi adalah terindeks di database bereputasidan scopus.

Hanya saja penelitian juga bisa ditemukan di website internasional dalam bahasa selain bahasa Inggris, seperti arab, Rusia, dan lain-lainnya. Namun, dosen yang menerbitkan jurnal biasanya menggunakan bahasa Inggris.

Menerbitkan jurnal biasanya menjadi salah satu syarat wajib untuk kelulusan saat menempuh Pendidikan pascasarjana.

Beberapa faktor membuat jurnal internasional sulit untuk ditembus. Mulailah dengan penulisan yang kompleks, reviewer yang cenderung lebih perfeksionis, dan antrian penulis jurnal dari negara lain.

Baca Juga : Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus

Pengertian Jurnal Internasional 

Jurnal internasional adalah publikasi jurnal yang dilakukan oleh pihak internasional. Beberapa jurnal jenis ini ada yang sudah bereputasi dan juga ada yang belum bereputasi, sementara yang lain tidak. Fitur utama jurnal bereputasi adalah bahwa mereka juga terindeks dalam database internasional bereputasi.

Misalnya di scopus, Web of Science, Microsoft Academic Search, dan lainnya. berhubung jurnal internasional dipublikasikan ke seluruh dunia maka jurnal tersebut menggunakan Bahasa inggris.

Hanya saja kamu juga dapat menemukan jurnal dalam bahasa selain bahasa Inggris, seperti Mandarin, rusia, dll, di situs web internasional. Namun untuk dosen yang ingin mempublikasikan di jurnal internasional berbahasa Inggris.

Mempublikasikan jurnal di skala internasional adalah kewajiban untuk kelulusab saat kamu menempuh Pendidikan pascasarjana. Syarat wajib sendiri memang seolah-olah menjadi beban tersendiri, karena lebih sulit dibandingkan dengan mempublikasikan jurnal nasional.

Beberapa faktor membuat jurnal ini sulit ditembus. Mulailah dengan penulisan yang kompleks, antrian penulis jurnal dari negara lain, dan reviewer yang cenderung lebih perfeksionis.

Beberapa faktor membuat jurnal sulit ditembus. Mulai dengan penulisan yang kompleks, rumit, penulis reviewer yang cenderung lebih perfeksionis, dan penulis jurnal negara lain.

Sekarang Atau Tidak Selamanya! Layanan Pendampingan Jurnal Bereputasi Internasional Pasti Terbit!

Kami sangat mengetahui akan kebutuhanmu untuk publikasi jurnal internasional yang cepat terbit & harga terjangkau, baik untuk kelulusan, menaikkan angka kredit dosen, syarat akreditasi dan lain sebagainya.

Kini, International Journal Labs siap menjadi solusi terbaik untuk rekan-rekan sekalian dalam hal publikasi jurnal.

International Journal Labs merupakan lembaga publikasi yang sudah berbadan yang juga mewadahi publikasi jurnal terutama jurnal internasional.

Kami memiliki banyak Tim yang sudah expert dan berkompeten dalam masing-masing bidang keilmuan. Sehingga, sangat memungkinkan bagi kami untuk bisa membantumu dalam publikasi jurnal internasional disemua rumpun keilmuan.

Kami siap mendampingi naskah rekan-rekan sampai benar-benar bisa terbit di jurnal internasional yang dibutuhkan.

Dengan menggunakan jasa pendampingan Internasional Journal Labs, kamu bisa mendapatkan proses publikasi yang mudah, terbit cepat dan LoA yang cepat keluar.

Saat ini, kami sedang mengadakan promo potongan harga untuk 10 naskah pertama yang menggunakan jasa pendampingan dari kami.

Dan sampai artikel ini dibuat, hanya tersisa 3 naskah saja.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal Internasional, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Jurnal Internasional Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promonya!

IJL

8 Alasan Utama Mengapa Kamu Harus Memilih Layanan Kami

Ada beberapa alasan utama kenapa kamu harus memilih Jasa Pembuatan Jurnal dari kami. Baik itu jurnal Internasional, Nasional, Scopus & Sinta.

Adapun alasannya sebagai berikut :

1. Dikerjakan Oleh Tim Yang Profesional

Semua jasa pembuatan jurnal yang kami kelola ini, dikerjakan oleh tim yang profesional dan benar-benar sudah ahli dalam bidangnya.

2. Harga Sesuai Dengan Kantong Mahasiswa

Kami tidak mematok harga yang tinggi untuk jasa pembuatan jurnal ini. Jika kamu merasa keberatan dengan harga yang kami berikan, kamu bisa bernegosiasi dengan Tim Ahli kami terlebih dahulu,

3. Dikerjakan Dengan Waktu Yang Tidak Lama

Karena kami memiliki banyak Tim Ahli yang sudah ahli dalam pembuatan jurnal, maka kami akan menyelesaikan sesuai brief dari rekan-rekan dengan waktu yang cepat.

Jika cukup mudah, maka kami hanya memerlukan waktu 1 hari saja untuk menyelesaikannya.

4. Keaslian Dan Orisinalitas Naskah Terjaga Penuh

Seperti yang kita ketahui bahwa tingat plagiasi pada naskah jurnal tidak boleh lebih dari 20%, maka Tim Ahli kami akan berusaha semaksimal mungkin agar tingkat plagiasi naskah tersebut di bawah 20%.

5. Trusted

Tidak perlu khawatir, tidak ada penipuan sedikitpun tentang layanan ini.

Perlu kamu ketahui bahwa kami merupakan lembaga publikasi yang dinaungi oleh CV yang sudah berbadan hukum. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa yang kami tawarkan.

6. Sesi Konsultasi Gratis 24 Jam Penuh

Selama proses pembuatan jurnal ini, kami persilahkan kepada rekan-rekan semua untuk bebas berkonsultasi dengan Tim Ahli kami tanpa batasan waktu.

7. Gratis Revisi

Bilamana terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan ketentuan atau brief dari kamu, maka kamu boleh mengajukan revisi kepada Tim Ahli kami. Modifikasi atau revisi ini hanya dilakukan maksimal 3 kali.

Disarankan untuk mengajukan revisi jauh-jauh sebelum batas waktu pengiriman naskah untuk dipublikasi.

8. Keamanan Terjaga Penuh

Saat kamu menggunakan jasa pembuatan jurnal dari kami, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang data kamu bocor dan tersebar kemana-mana. Kami berani memastikan bahwa semua data client kami aman 100%.

Bagi Kamu Yang Tertarik Dengan Pendampingan Pembuatan Jurnal Internasional Kami, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Jurnal Internasional Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

IJL

Cara Menulis Jurnal Internasional

Cara Menulis Jurnal Internasional

Supaya kalian lebih terbantu dalam cara menulis jurnal internasional, berikut adalah cara-cara penulisannya:

1. Menentukan Tema Penelitian 

Tahap pertama dalam cara menulis jurnal internasional adalah dengan mengidentifikasi topik penelitian dan penting untuk memastikan itu menarik. Misalnya, memilih topik yang sedang dibahas yang tetap relevan dengan bidang pengetahuan yang dikuasai dan mengandung unsur kebaruan.

2. Selaras dengan Bidang Keilmuan

Cara Menulis Jurnal Internasional

Langkah selanjutnya adalah mencari jurnal referensi, yang sebaiknya disesuaikan dengan bidang ilmu yang kamu miliki. Dengan cara ini tidak jatuh di pinggir jalan karena akan dianggap kompeten di bidangnya jika sesuai atau relevan.

3. Menarik Minat Reviewer 

Penyusunan jurnal membutuhkan perhatian terhadap kebutuhan dan selera reviewer. Oleh karena itu, penting untuk dapat menarik perhatian mereka, misalnya menggunakan jurnal referensi yang ditemukan oleh reviewer, tetapi tetap sesuai dengan bidang ilmunya.

4. Minimalkan Kesalahan Human Error 

Cara Menulis Jurnal Internasional

Saat menulis jurnal, coba sesuaikan dengan pedoman penulisan yang berlaku. Juga, menghindari kesalahan yang disebabkan oleh kesalahan manusia. Seperti kesalahan ketik atau salah ejaan, kesalahan persiapan bagian jurnal, kesalahan tata bahasa, dll.

Baca Juga : Cara Publikasi Jurnal Di Google Scholar

5. Menghindari Plagiat 

Plagiarisme adalah dosa besar di dalam dunia akademis, jadi ketahuilah dengan baik bagaimana cara menulis jurnal tanpa plagiarisme.

6. Cermat Menyusun Daftar Pustaka 

Daftar Pustaka membutuhkan kehati-hatian dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Jika diperlukan, kamu dapat mengompilasinya dengan aplikasi khusus untuk menghindari kesalahan.

7. Menyusun Persembahan 

persembahan akan ditempatkan di akhir jurnal internasional, yang telah terbukti penting. Karena disini penulis jurnal bisa menyampaikan rasa terimakasih dan terimakasih atas bantuan semua pihak.

8. Melakukan Pembayaran 

Nah untuk yang terakhir dalam cara menulis jurnal internasional adalah Jika jurnal yang dikompilasi telah diterima, maka akan menerima LoA yang akan berisi invoice. Oleh karena itu, kamu segera melakukan pembayaran, biasanya menggunakan mata uang dari negara asal namun dapatpula memakai dollar Amerika.

Baca Juga : Cara Mendapatkan ID Scopus

Susunan Manuscript Jurnal

Menurut Prof. Arif, untuk mendapatkan jurnal, ada beberapa bagian penting dari jurnal. Nah, berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Judul Artikel, Judul harus menarik perhatian dan provokatif, menggambarkan isi atau temuan, tidak dalam bentuk singkatan dan nama peraturan, atau tanpa nama subjek atau lokasi penelitian.
  • Abstrak adalah bagian terpenting dari jurnal. Abstrak dapat dikatakan sebagai inti dari penelitian. Reviewer akan membaca bagian ini terlebih dahulu.
  • Keyword atau Kata kunci, selain abstrak, ada beberapa kata kunci yang harus diperhatikan dengan seksama. Kata kunci ini sangat penting untuk mengetahui arah pembahasan jurnal yang akan berlangsung.
  • Pendahuluan adalah bagian pertama dari jurnal. Pada bagian ini, pemahaman yang jelas tentang bagaimana jurnal dibahas.
  • Metode penelitian, bagian penting selanjutnya adalah metode penelitian. Dalam metode penelitian ini, kamu diwajibkan memastikan bahwa metode yang kamu gunakan dalam penelitian kamu sudah tepat.
  • Pembahasan dan hasil Saat menulis jurnal, pembahasan dan hasil penting untuk memahami arah penelitian. Selain itu, pembahasan dan hasil juga sangat penting untuk memahami hasil penelitian ini.
  • Diskusi, pembahasan pada bagian Diskusi ini sangat penting untuk membuat jurnal untuk lebih mudah dipahami. Untuk itu, bagian ini membutuhkan gambaran yang jelas.
  • Kesimpulan, tentu saja, diikuti oleh kesimpulan dalam jurnal. Penulisan kesimpulan ini harus diperhatikan dengan seksama, agar jurnal dapat dengan mudah diserap oleh pembaca.
  • Ucapan terima kasih, selain kesimpulan, ucapan terima kasih juga ditulis di sini. Ucapan terima kasih biasanya mencakup beberapa pihak yang telah membantu dalam proses produksi jurnal.
  • Referensi, tidak lebih penting dari yang lain. Bagian referensi juga penting untuk membuat jurnal yang kamu tulis lebih terpercaya. Oleh karena itu, Anda dapat menyertakan beberapa referensi yang telah digunakan untuk menulis jurnal.

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang dapat admin berikan terkait Cara Menulis Jurnal Internasional, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian. Terimakasih!