Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara mengecek jurnal terindeks scopus, kamu dapat menyimak artikel berikut ini. Yuk simak sekarang juga!

Scopus merupakan salah satu pusat data atau literatur ilmiah yang dimiliki oleh Elsevier, sebuah penerbit terkemuka di dunia.

Pengenalan Scopus kepada publik secara luas dimulai pada tahun 2004.

Scopus sering kali menjadi pesaing utama dengan Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomson Reuters, yang juga merupakan salah satu pusat data terbesar di dunia.

Scopus memiliki peran utama dalam menciptakan indeks literatur ilmiah yang bermanfaat untuk memberikan informasi yang tepat mengenai metadata setiap artikel ilmiah.

Indeks ini mencakup data publikasi, abstrak, referensi, serta informasi relevan lainnya. Dengan menyediakan kumpulan literatur ilmiah yang luas, tujuan utama Scopus adalah memfasilitasi akses yang akurat dan efisien terhadap pengetahuan ilmiah di berbagai bidang keilmuan.

Di samping itu, Scopus juga menyediakan data agregat yang menggambarkan tingkat dampak jurnal (journal impact) atau institusi (institutional impact) dalam publikasi ilmiah, berdasarkan hubungan kutipan antara artikel yang diterbitkan oleh jurnal atau peneliti.

Sebuah institusi. Hasilnya, pengguna Scopus bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang apa yang telah diterbitkan oleh penerbit atau lembaga penelitian di seluruh dunia, di mana kami harus mempublikasikan karya kami.

Mau konsultasi publikasi jurnal? Klik whatsapp dibawah!

IJL

2 Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus Mudah Dan Cepat

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Untuk menemukan daftar terupdate jurnal Indonesia terindeks Scopus 2023 terbaru, kamu juga perlu mengetahui cara mengeceknya. Berikut adalah 2 cara mengecek jurnal terindeks scopus :

Baca Juga : Jurnal Terindeks Scopus

1. Mengecek Lewat Scimago Jr

Cara mengecek jurnal terindek scopus yang pertama adalah mengecek dengan Scimago Jr. Scimago Jr. dikenal dengan daftar peringkat jurnal internasional dan sumber Scopus.

Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa sebagian besar jurnal yang terdapat di Scimago Jr. berasal dari Scopus. Adapun cara atau langkah pemeriksaannya adalah:

  • Pertama-tam kamu Buka laman Scimago Jr di https://www.scimagojr.com/
  • Kemudian Masukan judul jurnal internasional yang dimaksud, dan lalu klik tombol Enter.
  • Selanjutnya kamu Tunggu sampai sistem selesai melakukan pencarian dari database atau pusat data yang dimiliki. Jika jurnal terlihat dan lengkap dengan informasi lainnya, maka jurnal yang dicari masuk ke scopus dan Scimago Jr.

Khusus bagi yang tidak memiliki judul jurnal internasional, dapat memanfaatkan fitur “Semua Bidang Mata Pelajaran” atau “Semua Kategori Mata Pelajaran”. Dengan fitur ini, pengunjung website dapat melakukan pencarian umum.

Dengan cara ini kamu dapat menemukan daftar nama jurnal yang sesuai dengan pencarian kamu, dan tentunya sudah terindeks di Scopus. Jurnal; – Jurnal dapat digunakan sebagai pilihan untuk menerbitkan artikel ilmiah yang disusun.

Mau konsultasi publikasi jurnal? Klik whatsapp dibawah!

IJL

2. Mengecek Lewat Scopus

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Yang kedua dalam cara mengecek jurnal terindeks scopus adalah Tentunya melalui website Scopus sendiri. Siapa pun dapat mencari secara gratis

Sedangkan untuk akses membaca hingga sampai mendownload ke beberapa jurnal, jika belum open access harus berlangganan terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah untuk pengecekannya:

  • Pertama-tam buka laman Scopus melalui https://www.scopus.com/home.uri
  • Selanjutnya Cari fitur pencarian dengan kata Source yang terletak pada bagian kanan atas.
  • Kemudian ketik negara asal jurnal atau Ketik judul jurnal tersebut, atau negara asal dari publisher jurnal. Kemudian klik tombol Find Source.
  • Nah, kamu tingga Tunggu sampai sistem menunjukan hasil pencarian, jika jurnal dan judul yang dimaksud muncul maka artinya sudah terindeks dalam Scopus.
  • Jika tidak muncul, pertimbangkan untuk mengecek tahun coverage dari jurnal tersebut. Caranya cek jurnal lewat fitur Scopus Content Coverage yang terletak pada bagian bawah situs.

Keuntungan Jurnal Berhasil Terindeks

Setelah kita membahas tentang tata cara mengecek jurnal terindeks scopus, selanjutnya, kamu perlu memahami manfaat apa yang akan kamu terima jika jurnal tersebut berhasil masuk kedalam database atau pusat data scopus

Masuk ke dalam indeks Scopus sudah menjadi standar untuk publikasi jurnal internasional di Indonesia. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan dan tujuan yang jelas. Karena Scopus sendiri mempunyai kriteria yang kompleks dan cuman hanya mengindeks jurnal yang berkualitas.

Jika berhasil masuk ke dalam database atau pusat data Scopus maka kamu ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Misalnya:

Mau konsultasi publikasi jurnal? Klik whatsapp dibawah!

IJL

1. Meningkatkan Manfaat Jurnal

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Jika kamu berhasil terindeks oleh Scopus jurnal, tentu kamu dapat meningkatkan pendapatan jurnal atau artikel ilmiah yang kamu terbitkan. Karena komunitas ilmiah di seluruh dunia menggunakan Scopus untuk mencari referensi berkualitas tinggi.

Dengan begitu, artikel ilmiah yang dimuat di jurnal terindeks Scopus akan dikenal lebih banyak orang di seluruh dunia. Buat konten tersedia secara luas. Pada saat yang sama, jumlah kutipan dapat ditingkatkan.

Semakin banyak orang yang melakukan kredit pada artikel ilmiah yang diterbitkan. Maka reputasi jurnal dan artikel ilmiah ini akan semakin berkembang dan terus merangkak naik. Hal ini tentu saja berdampat baik dan bagus bagi reputasi publikasi.

2. Menambah Informasi di CV

Bagi dosen yang meniti karir di dunia akademis, mempunyai riwayat publikasi di database Scopus merupakan sebuah prestasi. Bahkan berhasil menerbitkan minimal 3 jurnal secara bersamaan.

dosen kemudian berhak untuk mengajukan promosi untuk melompat keluar dari program. Misalnya, langsung dari dosen menjadi profesor karena prestasinya di bidang publikasi jurnal internasional.

Prestasi ini kemudian dapat dimasukkan ke dalam CV dan berhasil meningkatkan nilai atau bobot CV. Kalau mau pindah ke depan, dijamin banyak kampus yang siap menerimanya karena riwayat publikasi yang memuaskan.

Baca Juga : Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus

3. Menambah KUM

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Manfaat terindeks Scopus selanjutnya adalah bisa menambah KUM atau nilai kredit instruktur. KUM yang terkumpul dapat mencapai jumlah tertentu, yang membantu untuk mengajukan promosi fungsional.

Semakin banyak publikasi yang masuk ke dalam database atau pusat data Scopus, semakin mudah juga untuk mencapai KUM yang tinggi. Hal ini dapat memberikan kesempatan untuk menjadi profesor di usia yang relatif muda. Misalnya di bawah 50 tahun.

4. Membubuhkan Nama Secara Internasional

Jika kamu berhasil masuk ke dalam indeks Scopus, maka kamu telah berhasil menambahkan nama kamu secara internasional. Karena Scopus dikunjungi oleh komunitas ilmiah di seluruh dunia.

Mau konsultasi publikasi jurnal? Klik whatsapp dibawah!

IJL

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai bagaimana cara mengecek jurnal terindeks scopus. semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi teman-teman. Terimakasih!