Cara Menembus Jurnal Scopus

Saat ini banyak yang masih bingung terkait cara menembus jurnal Scopus. Padahal, menembus jurnal scopus cukup susah-susah gampang lho. Ingin tahu caranya? simak sampai habis artikel ini

Bagi dosen dan mahasiswa, bisa memiliki jurnal yang terindeks Scopus merupakan sebuah prestasi tersendiri.

Namun, untuk bisa menghasilkan jurnal yang tembus dan terindeks di Scopus bukanlah sebuah hal yang mudah.

Ada banyak langkah yang harus dilakukan , termasuk revisi, yang mungkin harus Anda lalui untuk menerbitkan jurnal tersebut.

“Menulis jurnal scopus itu susah, tapi ga susah-susah amat”, ungkap Dr.Najib

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada banyak jurnal di dunia ini yang menerbitkan berbagai penelitian. Untuk meninjau seberapa baik penelitian dilakukan dan untuk memeriksa data terbaru pada penelitian tertentu, diperlukan adanya database. Database ini adalah tempat para peneliti, termasuk mahasiswa dan dosen untuk mempublikasikan karyanya.

Cara Menembus Jurnal Scopus Dengan Mudah

Cara Menembus Jurnal Scopus

Meskipun beberapa dari mereka setuju bahwasannya cukup sulit untuk menembus jurnal Scopus. Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada cara dan tips agar jurnal kita bisa tembus di Scopus.

Nah, silahkan simak beberapa cara yang akan kami berikan di bawah ini :

1. Membuat Naskah Dengan Minimal 20 Referensi

Cara Menembus Jurnal Scopus

Memang banyak untuk membaca 20 artikel lainnya untuk dijadikan referensi penelitian dan memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Namun, hal ini harus dilakukan agar kualitas publikasi kita semakin baik. Perlu diingat bahwa kebanyakan jurnal top biasanya mempertimbangkan jumlah referensi.

Jumlah referensi menjadi pertimbangan penting untuk pengakuan karya Anda.

2. Jangan Sampai Melebihi Nilai Plagiasi 15%

Cara Menembus Jurnal Scopus

Perlu kamu ketahui bahwa Plagiarisme tidak dapat diterima dalam penulisan jurnal ilmiah. Untuk memeriksa keaslian artikel Anda, kamu bisa gunakan beberapa software pemeriksa plagiarisme yang tersedia di Internet.

Anda dapat menggunakan yang gratis atau berbayar. Pastikan karya Anda memiliki nilai plagiarisme maksimal 15%.

Saat ini, artikel jurnal dengan rating tertinggi Scopus mensyaratkan nilai plagiarisme 15% atau kurang.

Bahkan artikel dengan peringkat Scopus terendah pun memiliki nilai plagiarisme maksimal hanya 20%.

3. Penulis Harus Lebih Dari 1

Penulis Harus Lebih Dari 1

Perhatikan masalah ini, penelitian yang baik biasanya tidak dilakukan oleh satu orang saja, tetapi selalu ada tim di belakangnya.

Jika perlu, undanglah orang-orang yang sudah pernah mempublikasikan di Scopus untuk melakukan penelitian bersama.

Ini memberi editor jurnal penilaian individu agar naskah milikmu lolos.

4. Jangan Publish Di Jurnal Predator

Cara Menembus Jurnal Scopus

Ini adalah aturan terpisah untuk menerbitkan makalah. Jangan menyerahkan makalah Anda secara enteng ke jurnal tanpa sumber yang jelas (predator).

Intinya, biasanya jurnal yang bagus tidak pernah mengirimkan email kepada Anda untuk disubmit di tempatnya.

Untuk melihat daftar jurnal predator, Anda dapat melihat Beall’s List of Predatory Journals and Publishers.

5. Banyak Berlatih

Banyak Berlatih

Penulisan untuk jurnal yang dapat dipublikasikan di database internasional seperti Scopus tidak serta merta hanya melibatkan ilmu pengetahuan atau teknologi canggih.

Jika Anda belum terbiasa, berlatihlah menulis dengan membahas hal-hal yang mudah dan Anda kuasai.

Sebuah kehormatan tersendiri bisa publish jurnal yang terindeks Scopus. Walaupun ditolak, jangan mudah menyerah, gunakan tips di atas untuk mencoba lagi, oke!

Hindari Dan Ketahui Ciri-Ciri Jurnal Predator

Cara Menembus Jurnal Scopus

Pertama, dosen harus bisa menunjukkan atau menilai apakah jurnal itu predator atau bukan. Ini mencegah penyesalan dan kesia-siaan setelah artikel diterbitkan.

Bahkan jika itu dikenal sebagai predator pada saat publikasi. Hal inilah yang harus diantisipasi oleh dosen yang ingin menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya di jurnal.

Bisa jadi jurnal tersebut memang predator dari awal, tapi dosen tidak mengetahuinya, ketika ada yang mengecek ternyata predator, dan dosen yang bersangkutan mengecek lagi dan ternyata predator inilah yang mengagetkan dosen.

Ciri-ciri Jurnal Predator :

Jurnal predator yang dimaksudkan sebagai “vanity publishing ” adalah asal publish. Peer review yang minim dan fee yang tinggi adalah beberapa ciri jurnal predatory. Jurnal predator juga sering mengirimkan undangan untuk menulis artikel yang menyanjung, yang sering menyesatkan peneliti.

Ada beberapa kasus jurnal yang sebelumnya dikelola dengan baik diindeks oleh SCOPUS dan berubah menjadi jurnal predator untuk mencari keuntungan. SCOPUS tidak selalu cepat dalam hal ini, sehingga ada beberapa jurnal predator yang juga terindeks oleh SCOPUS.

Strategi Temukan Novelty Tinggi

Strategi Temukan Novelty Tinggi

Chef editor dari salah satu jurnal di UNNES pernah mengatakan bahwa strategi terbaik dalam cara menembus jurnal Scopus adalah novelty atau unsur kebaruan atau temuan dari sebuah penelitian.

Dari melakukan penelitian, itu harus ada. Karena subjeknya terbatas pada tingkat penemuan. Untuk pengelola jurnal, dapat memprediksi seperti apa hasilnya.

Jadi seberapa tinggi kebaruannya? Jangan terbiasa dengan hasil yang baru, tegasnya. Tapi harus dimulai dari awal, judul, pendahuluan, gap analysis, metodenya unik, menarik, istimewa, mengarah.

Tips Ampuh Dalam Menembus Jurnal Scopus

Cara Menembus Jurnal Scopus

Untuk pemula atau yang mencoba submit jurnal Scopus dan masih gagal, coba tips ini. Relatif lebih mudah dan cepat memasukkan makalah ke dalam konferensi dengan keluaran jurnal Scopus. Lebih mudah, karena biasanya penyelenggara konferensi memberikan kuota yang cukup besar untuk makalah yang diterima, sehingga berpeluang lebih besar untuk lolos.

Ini lebih cepat karena konferensi memiliki tenggat waktu pengiriman makalah dan makalah biasanya tersedia dalam waktu satu tahun. Selain itu, karena keterbatasan tenggat waktu rapat, sebagian besar reviewer konferensi akan menyelesaikan proses review dengan sangat cepat. Dua hal ini bisa menjadi cara mudah untuk lolos ke jurnal Scopus.

Kesimpulan

Nah, demikianlah pembahasan kami terkati beberapa tips dan cara menembus jurnal Scopus yang semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!


FAQ

Bagaimana Cara Mencari Jurnal Di Scopus?

Untuk hal ini, kami sudah pernah membahasnya di cara mencari jurnal Scopus

Apa Yang Dimaksud Dengan Scopus?

Dikutip dari ridwaninstitute.co.id, jurnal scopus adalah salah satu data center atau database sitasi dan literasi yang bersifat ilmiah

Apa Itu Scopus Dan Web Of Science?

Scopus dan Web of Science adalah dua database abstrak dan kutipan interdisipliner terbesar dari literatur peer-review dalam publikasi akademis