Cara Mendapatkan ID Scopus

Cara Mendapatkan ID Scopus

Bagaimana sih cara mendapatkan id scopus? Cara mendapatkan id scopus cukup sederhana dan mudah kok. Untuk lebih lengkapnya silahkan kalian baca artikel dibawah ini.

ID SCOPUS sebenarnya akan muncul dengan sendirinya ketika nama penulis diklik di halaman Scopus. Namun ini hanya berlaku untuk penulis yang sudah memiliki lebih dari 1 publikasi yang terindeks Scopus.

mengapa demikian? Karena itulah SCOPUS berhati-hati dalam menentukan AUTHOR ID SCOPUS untuk penulis baru. Dengan begitu supaya tidak salah sangka, karena ada begitu banyak kesamaan nama orang di dunia ini.

Tapi kamu jangan khawatir, di sini kamu juga akan memberikan cara untuk mendapatkan atau melihat ID Scopus hanya untuk 1 artikel Scopus. Sebelum ke dalam caranya, berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu kegunaan dan syarat memiliki Scopus.

Mau konsultasi publikasi jurnal? Klik whatsapp dibawah!

IJL

Kegunaan dan Fungsi ID Scopus

Cara Mendapatkan ID Scopus

Sebelum kamu mengetahui cara mendapatkan id scopus, sebaiknya kamu ketahui dulu kegunaan dan fungsi id scopus.

Setelah kamu mengetahui apa itu Scopus tentunya orang-orang yang ingin mengetahui cara mendapatkan IDscopus juga sangat bingung, apa saja fungsi dan kegunaan ID scopus, serta bagaimana cara mendapatkannya? Untuk itu kami akan menjelaskan betapa pentingnya fitur dan kegunaan ID scopus bagi kalangan akademisi, mahasiswa, dan dosen.

Penggunaan Scopus ID untuk sarjana adalah untuk bisa menautkan atau menghubungkan semua artikel yang diindeks di Scopus ke Portal Sinta. Sinta Portal merupakan salah satu tolak ukur prestasi peneliti di Indonesia berdasarkan pencapaian h-index sebagai penulis di Scopus atau Google Scholar.

ID scopus juga dapat digunakan untuk menyediakan link untuk mengintegrasikan berbagai artikel Scopus ke dalam Portal Sinta. Selain manfaat di atas, ID scopus dapat memudahkan bagi pengguna yang sudah terindeks di Scopus. Pengguna dan pemilik ID scopus dapat menilai atau mengukur kemampuannya sendiri sebagai ilmuwan.

Misalnya, ada seorang penulis yang mengaku bahwa ia merupakan pakar ahli dalam bidang Pendidikan yang ia tekuni. Jika demikian, dengan melihat ID scopus, kalian akan mengetahui apakah peneliti tersebut benar-benar kredibel dengan memeriksa klaim dan reputasinya sebagai penulis.

Scopus ID juga berguna bagi penulis atau sarjana yang ingin memasuki atau memasukkan artikel ilmiah atau jurnal ilmiah yang terindeks di Scopus dengan cara memasukkan ID Scopus. Untuk melakukan ini, kalianharus terlebih dahulu mengetahui cara memasukkan ID Scopus.

Mau konsultasi publikasi jurnal? Klik whatsapp dibawah!

IJL

Baca Juga : Cara Menembus Jurnal Scopus

Syarat Mempunyai ID Scopus

setelah kalian mengetahui apa itu Scopus, dan untuk apa kegunaan Scopus ID serta fungsinya, tentunya kalian ingin tahu bagaimana cara mendapatkan Scopus ID dan syarat memiliki Scopus ID, bukan? Penting bagi mahasiswa atau dosen untuk memiliki Scopus ID. Namun sebelum memiliki Scopus ID, para akademisi, baik dosen maupun mahasiswa, harus terlebih dahulu memahami syarat memiliki Scopus ID.

Sampai saat ini, banyak yang percaya bahwa satu-satunya cara untuk mendapatkan ID Scopus adalah dengan mendaftar akun, seperti membuat akun di Google Cendekia atau Gmail. tapi itu bukan kebenaran. Cara mendapatkan Scopus ID bukan dengan mendaftar seperti Google Scholar atau Gmail, tapi mendapatkannya secara otomatis.

Scopus akan otomatis memberikan Scopus ID jika seorang penulis sudah memiliki lebih dari 1 artikel ilmiah atau jurnal ilmiah yang diterbitkan di Scopus terindeks sebagai penelitian, hasil workshop, dll. Jika seorang penulis (baik mahasiswa atau dosen) belum menerbitkan artikel atau jurnal ilmiah di Scopus, mereka tidak akan dapat memiliki ID Scopus.

mengapa demikian? Ini adalah tindakan pencegahan yang dibuat oleh Scopus untuk menetapkan ID Penulis Scopus kepada penulis baru yang baru saja menerbitkan artikel ilmiah atau jurnal ilmiah. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya kesamaan nama-nama orang di dunia yang menjadi penulis dan mempublikasikan jurnal atau artikel ilmiahnya di Scopus.

Namun meski begitu, kalian tidak perlu khawatir. Walaupun hanya satu jurnal ilmiah atau artikel ilmiah yang telah dipublikasikan di Scopus, namun masih ada cara untuk mendapatkan Scopus ID atau melihat Scopus ID.

Mau konsultasi publikasi jurnal? Klik whatsapp dibawah!

IJL

Cara Mendapatkan Id Scopus

Cara Mendapatkan ID Scopus

Ada 3 cara yang bisa kamu lakukakan untuk bisa mendapatkan scopus id, silahkan kamu pilih yang menurut kamu paling mudah, berikut adalag cara mendapatkan id scopus.

1. Cara Dapatkan ID Scopus Di Webnya Langsung

  • Buka web Scopus atau klik link berikut www.scopus.com
  • Kemudian Klik Author Search
  • selanjutnya isi kolom nama dan afiliasi kamu. Jika artikel kamu seorang pemula, sebaiknya kamumengosongkan kolom Afiliasi karena memungkinkan untuk menambahkan penulis lain. Selain itu, terkadang ini memengaruhi nama institusi dalam bahasa Inggris, dan nama institusi yang kamumasukkan tidak dalam bahasa Inggris. Sehingga nama kamu tidak bisa ditemukan.
  • Setelah kamu mengklik tombol “Cari”, nama kamu otomatis akan muncul. Kemudian untuk mengetahui SCOPUS ID, kamu bisa mengarahkan kursor ke jumlah artikel yang menunjukkan angka 1 (artinya kamu sudah memiliki 1 artikel yang terindeks Scopus).
  • Klik kanan angka satu tersebut, lalu klik salin atau copy.
  • Setelah itu buka notepad Word atau MS, untuk mempastekan link yang sudah kamu copy tadi.
  • Nah, disitulah kamu dapat menemukan ID SCOPUS. ID SCOPUS kamu berupa angka-angka yang berada pada bagian akhir web tersebut (angka merah yang disorot kuning).

Mau konsultasi publikasi jurnal? Klik whatsapp dibawah!

IJL

2. Cara Mendapatkan ID Scopus Dengan Inspect Element

Cara Mendapatkan ID Scopus
  • Lakukan langkah 1 hingga 4 pada Cara Pertama yang sudah admin tulis tadi.
  • Klik Inspect Element, sampai muncul tautan laman yang berada pada kanan halaman layar computer kamu.
  • Nah, Id Scopus berupa Angka-Angka yang berada pada bagian akhir tautan web

3. Cara Mendapatkan ID Scopus Dengan Bantuan

Jika kamu tidak mau ambil pusing dengan melakukan kedua cara untuk mendapatkan scopus id dengan cara yang tadi. Kamu juga bisa mengirim pesan ke admin scopus via contact us scopus. Akan tetapi proses ini membutuhkan waktu yang lumayan lama jika tidak mendapatkan respon dari pihak scopus.

Untuk bisa mengetahui apakah ID scopus yang kamu cari itu sudah benar. Maka kamu bisa mengeceknya dengan melalui laman berikut dengan menambahkan ID scopus pada bagian akhir.

Laman untuk Cara Mengetahui Id Scopus

Cara Mendapatkan ID Scopus

http://www.scopus.com/authid/detail.url?authorId= [……….]

Titik-titik di atas bisa kamu masukkan id scopus, misalnya 46103105552. Setelah kamu cek maka hasilnya adalah benar seperti pada gambar.

Mau konsultasi publikasi jurnal? Klik whatsapp dibawah!

IJL

Cara Mendapatkan dan Melihat ID Scopus Jika Baru Punya 1 Publikasi

Cara yang dilakukan ini admin sarankan dengan menggunakan computer/laptop dan jika bisa gunakanlah browser dari google chrome. Berikut ini adalah Langkah-langkahnya : 

  • Kunjungi website Scopus https://www.scopus.com/
  • Klik Author search.
  • Isikan nama dan afiliasi yang pernah kamu terbitkan dalam Jurnal.
  • Klik Search. Pastikan nama kamu tertera pada list pencarian. Jika belum, silahkan ulangi menggunakan pencarian yang tepat.
  • Klik kanan => Klik Lihat Sumber Halaman atau View page source.
  • Ketikan CTRL + F, dan masukkan keyword atau kata kunci nama kamu kemudian Enter.
  • Pada sekitar pencarian nama kamu, cari nomor yang mengikuti nameVariant.

Mau konsultasi publikasi jurnal? Klik whatsapp dibawah!

IJL

Kesimpulan

Demikianlah bagaimana cara mendapatkan id scopus. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Terimakasih!