Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus

Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus

Apakah kamu sedang mencari bagaimana cara membuat jurnal Internasional Scopus? Kamu datang di artikel yang tepat! Yuk kita simak!

Jurnal Scopus adalah pusat data ilmiah atau kutipan dan database. Scopus sendiri merupakan bagian dari perusahaan penerbitan ternama dunia atau publikasi ilmiah internasional, Elsevier. Dalam database Scopus ada sekitar 22.000 judul dari 5.000 penerbit di seluruh dunia.

Tahukah Anda, jurnal yang terindeks Scopus bukan hanya jurnal asing. Di Indonesia, banyak jurnal yang terindeks Scopus. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian yang dipublikasikan di Indonesia ini tidak main-main dan bahkan diakui secara internasional. Jurnal-jurnal Indonesia yang terindeks Scopus dapat dikatakan bereputasi dan berkualitas internasional.

Konsultasi Gratis Terkait Publikasi Jurnal Scopus

Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus Dengan Baik Dan Benar

Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus Dengan Baik Dan Benar

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu beberapa cara membuat jurnal Internasional Scopus dengan baik dan benar. Pastikan kamu menyimaknya dengan betul agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Mengetahui Pangsa Pasar

Mengetahui Pangsa Pasar

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menulis skrip adalah mengidentifikasi target pasar Anda. Ketahui apa yang diminati pembaca Anda, ketahui apa yang diminati sebagian besar pembaca, dan tulislah dengan mempertimbangkan calon pembaca.

2. Artikel Yang Baik Dan Bagus

Artikel Yang Baik Dan Bagus

Menulis artikel jurnal yang baik akan memudahkan pembaca untuk memahami isinya. Ada dua hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk membuat pembuatan artikel Anda menjadi yang terbaik, konten dan presentasi.

Isi jurnal yang Anda hasilkan perlu mempertimbangkan manfaatnya bagi masyarakat secara keseluruhan. Jika Anda sudah memiliki hasil yang tinggi, tulislah dalam bentuk narasi yang semenarik dan semenarik mungkin.

Buat artikel Anda mudah dipahami oleh pembaca, dan buat penyampaian artikel Anda jelas dan logis.

Kesulitan dalam pembuatan naskah jurnal? Kamu bisa konsultasikan kepada tim kami. Klik HUBUNGI KAMI sekarang!

3. Teruslah Menulis Jurnal

Teruslah Menulis Jurnal

Cara membuat jurnal Internasional Scopus yang ketiga adalah teruslah menulis.

Kemampuan membuat jurnal bukan hanya bakat, tetapi keterampilan. Semakin sering Anda menulis, semakin mengasah kemampuan menulis Anda. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk “bosan” ketika menulis jurnal ilmiah ini, menulis membutuhkan keterampilan yang terus-menerus diasah.

Jika Anda terbiasa menulis jurnal, artikel Anda akan semakin diterima oleh jurnal-jurnal bereputasi baik. Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan ide secara tertulis lebih terbuka.

Baca Juga : Format Penulisan Jurnal Scopus

4. Buatah Tulisan Yang Paling Mudah

Buatah Tulisan Yang Paling Mudah

Artikel yang diterbitkan dalam jurnal internasional bergengsi tidak selalu relevan dengan teknologi mutakhir dan terkini. Namun, juga dimungkinkan untuk berinovasi melalui penerapan teknologi yang lebih tua.

5. Buatlah Reviewer Tertarik Dengan Artikel Anda

Buatlah Reviewer Tertarik Dengan Artikel Anda

Penting untuk membuat pembaca tetap tertarik, tetapi yang lebih penting lagi adalah membuat pengulas tertarik untuk membaca artikel Anda. Karena tidak ada yang membaca artikel Anda lebih teliti daripada para pengulas.

Lebih baik lagi jika Anda menulis artikel yang menggunakan referensi dari temuan reviewer. Tapi itu tidak masalah, selama Anda benar-benar mendukung artikel yang Anda buat sebelumnya.

6. Hindari Plagiarisme

Hindari Plagiarisme

Perlu diingat, cara membuat jurnal Internasional Scopus yang paling penting adalah menghindari plagiasi.

Sebagus apapun karya ilmiahmu, jika kamu menjiplak karya orang lain, pasti tidak akan diapresiasi oleh publik. Bahkan menjiplak karya Anda sendiri yang diterbitkan masih dianggap plagiarisme. Oleh karena itu, hindari perilaku mencela diri sendiri ini sebanyak mungkin.

7. Koreksi Artikel Anda

Koreksi Artikel Anda

Keindahan menulis tanpa kehilangan isi artikel sangat membutuhkan revisi terus menerus. Semakin banyak koreksi yang Anda buat, semakin tinggi kualitas artikel Anda.

Struktur Jurnal Internasional Scopus

Struktur Jurnal Internasional Scopus

Nah, selain cara membuat jurnal Internasional Scopus, kamu juga harus mengetahui tentang apa saja struktur jurnal International yang terindeks Scopus.

Adapun strukturnya sebagai berikut :

  • Title
  • Authors
  • Affiliation
  • Abstract
  • Introduction
  • Materials and Method
  • Result
  • Discussion
  • Conclusion
  • Acknowledgements
  • References

Baca Juga : Cara Publikasi Jurnal Scopus

Tips Menulis Jurnal Internasional Scopus

Tips Menulis Jurnal Internasional Scopus

Nah, setelah kamu mengetahui tentang cara membuat jurnal Internasional Scopus, pada bagian ini kami akan memberikanmu beberapa tips untuk membuatnya.

Adapun tips untuk membuatnya sebagai berikut :

  • Pertama, temukan dan identifikasi inti penelitian Anda. Ia melanjutkan, inti penelitian tertuang dalam rumusan pertanyaan atau research question (RQ). Bagaimana cara memastikannya? Hal ini dapat dilakukan melalui tinjauan pustaka.
  • Kedua, perhatikan urutan logis dalam penelitian. Harus koheren dan terarah dari awal hingga kesimpulan.
  • Ketiga, mengidentifikasi metode penelitian yang memungkinkan mereka memperoleh dan menganalisis data yang dapat dipertanggungjawabkan secara wajar dan dapat diverifikasi.

“Metode penelitian tidak sekadar metode, tetapi benar-benar metode yang andal untuk tujuan penelitian kita.”

Kesimpulan

Nah, cukup sekian saja pembahasan kami mengenai bagaimana cara membuat jurnal Internasional Scopus dengan baik dan benar. Kami harap, ini smua bisa bermanfaat dan berguna bagi kamu semua. Terimakasih!

Apakah kamu sedang mencari informasi terkait Call For Paper Jurnal? Kamu bisa langsung hubungi kami melalui Whatsapp di bawah ini :

TAG : cara membuat jurnal scopus


FAQ

Apakah Jurnal Scopus Berbayar?

Ada yang berbayar, ada pula yang tidak

Berapa Biaya Publikasi Jurnal Scopus?

Untuk mengetahui berapa biayanya, kamu bisa cek artikel kami satu ini “berapa biaya publikasi jurnal Scopus”

Kenapa Jurnal Harus Terindeks Scopus?

Indeks scopus adalah bagian penting dari para akademisi karena bisa mengukur dan menentukan dimana akan menerbitkan jurnal atau artikel ilmiahnya